Sunday, 29 April 2012

Budaya Mencontek

       Tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini budaya mencontek dikalangan pelajar sudah mengakar sangat kuat. Bahkan saat ini sudah banyak sekali strategi atau pun macam-macam cara mencontek. Dari bertanya dengan temannya atau membuat catatan keci di meja, kertas ujian ataupum menyimpan buku dikolong meja. "Mereka" bahkan melakukan hal ini tanpa rasa malu ataupun takut , bahkan tidak sedikit yang sudah mengajak bekerja sama sebelum ujian.

       Bahkan sangat disayangkan mereka dapat membenarkan dari perbuatan mereka ini , seperti mengatasnamakan rasa solodaritas ataupun kebersamaan. Namun sebenarnya disini mereka sedang mematikan kreatifitas dan daya pikir mereka sendiri. Dengan menggantungkan diri kepada teman ataupun contekan. Bila hal ini terus dibiasakan , dapat dipastikan dimasa depannya mereka-mereka ini akan menyesal. Karena mencontek merupakan korupsi kecil, yang bilamana dibiarkan nantinya besar kemungkinan mereka akan menjadi individu yang pemalas dan akan terbiasa berkorupsi.  Dari sinilah penulis sangat menyayangkan, bagaimana jadinya nanti para generasi penerus bangsa ini? bila para pemudanya tidak kreatif.



       Sesungguhnya mencontek adalah perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT dan Rasullullah. Bahkan dalam sebuah hadist dikatakan bahwa Rasulullah saw bersabda :
Barangsiapa mencurangi kami maka bukan dari golongan kami”(HR. Muslim).
Jadi sudah jelas mencontek itu perbuatan mencela, lalu masihkah kita mau melakukan hal yang dibenci oleh Allah ?. Mungkin saja orang lain seperti guru atau oarng tua kita tidak mengetahui perbuatn mencontek kita, tapi Allah maha melihat dan akan mencatat semua perbuatan kita. “Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan di bumi, Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Q.S. Al-Hujuraat:18).

       Disinilah peran dari berbagai pihak yang ikut mengambil andil dalm hal ini harus saling bersinergi dalam menghilangkan budaya mencontek ini.Karena bagi para pelajar jika kalian masih mencontek maka pendidikan yang kalian terima saat ini tidak ada hasilnya malah sama saja dengan kemerosontan akhlak manusia.Jadi marilah mulai dari sekarang kita hilangkan budaya mencontek ini, karena jika tidak dimulai dari kita para pelajar sendiri, oleh siapa lagi?. Marilah kita belajar dengan sungguh-sungguh dalam menyongsong masa depan yang gemilang bagi diri kita. Dan diharapkan penerus bangsa ini dapat membuat bangsa Indonesia ini menjadi negara yang tidak kalah dari negara maju sekalipun.
Aamiin....